SELAMAT DATANG...!!!___________DI ECKO CONSELING CENTER____________SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA

13 Maret 2012

Kiat-kiat / Tips dalam Menghadapi UN 2011/2012

Ujian Nasional sudah dihapan mata tidak kurang dari satu bulan sudah akan dihadapi oleh KALIAN..,,Jadi persipakan diri kalian dengan bawk ya,..Munkgin kalian masih binggung apa yang harus dilakukan selain belajar,,,nah dibawah ini saya punya kiat-kiat yang bisa kalian lakukan untuk mempersipakan UN 2011/2012 Kalian semua.

Sebenarnya banyak hal yang bisa kalian lakukan lho,,agar saat nanti mengikuti ujian bisa berjalan lancar dan tentunya mendapatkan nilai yang bagus dan memuaskan....sesuai dengna harapanmu...Terutama yang kalian jaga adalah KESEHATAN,,,tanpa itu walaupun kalian saat LATIHAN UN Nilaimu bagus semua tapi saat PELAKSANAAN UN kalian SAKIT,,pasti akan menganggu kosentrasi kalian,,,kedua,,MENTAL...Nah mental ini sangat perlu sekali selain yang tadi,..MENTAL yang Kuat pasti akan membawa kalian menjadi lebih tenang saat mengerjakan SOAL UN.
Iya,,,Dua itu KESEHATAN dan MENTAL perlu kalian jaga dengan baek,,tapi tentunya jangan kalian lupakan PERSIAPAN MATERI PELAJARAN...Oke kalau begitu youk,,kita baca Kiat-kiat / Tips dalam Menghadapi UN 2011/2012 dibawah ini...
  1. Kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat sob, misal nge game, bermain diluar batas dll.
  2. Buat jadwal terbaru dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi UN.
  3. Naikkan motivasi kalian dalam menghadapi UN, motivasi mutlak diperlukan sebagai modal awal dari tujuan kalian ingin lulus.
  4. Kalau kalian belum mengikuti bimbel diluar sekolah, mulailah mengikuti nya sob, hal ini akan sangat membantu kalian.
  5. Usahakan jangan sampe bolos pelajaran di sekolah, ikuti juga semua pelajaran tambahan yang diberikan bapak/ibu guru bila perlu mintalah pelajaran tambahan diluar jam - jam yang telah di tentukan.
  6. Biasanya menjelang detik - detik UN, pelajaran akan di fokuskan pada mata pelajaran yang akan di ujikan padaUN. Inilah kesempatan kalian memperdalam pemahaman kalian tentang pelajaran - pelajaran tersebut. Tanyakan apapun yang belum kalian kuasai kepada bapak/ibu guru, mereka akan senang kalau kalian menanyakan hal-hal yang belum kalian kuasai. So, jangan takut sob !
  7. Bagi kalian yang belum punya kelompok belajar, Inilah saatnya kalian membentuk kelompok belajar. Belajar dengan teman sebaya akan lebih terasa manfaatnya, apalagi jika kalian aktif didalam kelompok belajar tersebut
  8. Mulailah mengerjakan soal - soal dari mapel yang akan di ujikan jika msih ada yang blum bisa, tanyakan pada guru atau teman yang bisa. Agar kalian menguasai berbagai macam tipe soal, belilah buku - buku soal ujian nasioanal atau download di internet. Sebisa mungkin kalian harus menguasai semua materi UN.
  9. Jagalah hubungan baik dengan bapak/ibu guru dan teman - teman anda, bagaimanapun juga merekalah yang lebih mengerti anda disekolah.
  10. Jagalah kesehatan anda, istirahat yang cukup. Selalu berhati - hati dimanapun berada, kurangi kebiasaan kalian yang suka bepergian atau jalan - jalan.
  11. Bagi kalian yang beragama islam, cobalah menjalankan puasa sunah, paling tidak senin - kamis. Sertai juga dengan shlat malam tapi jangan tinggalkan shalat wajibnya donk sob. Bagi pemeluk agama lain, lakukan hal - hal yang diajarkan agama. Intinya, dekatkan diri pada sang pencipta.
  12. Kalau ada acara dzikir bersama ikutilah dengan iklas.
  13. Bangun mental baja n positif, yakinlah bahwa UN itu mudah, Kalian pasti lulus !
  14. Jika kalian telah melaksanakan hal - hal diatas, mintalah doa restu pada orang tua kalian, keluarga, bapak/ibu guru serta teman - teman kalian agar diberi kelancaran mengerjakan soal - soal UN.

 Nah itu beberapa tips yang bisa kalian lakukan,,masih bayak cara yang bisa kalian lakukan untuk menghadapi UN Besok dengan Baeik,,,,SELAMAT MENCOBA YA,,,,Kalian pasti bisa..Good.luck....!!!!!!!!!!!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar